Konstruktor dan Destruktor
Pengertian
Konstruktor adalah metode yang dapat digunakan untuk
memberikan nilai awal saat objek diciptakan.
Ketentuannya yang merupakan sifatnya uga yaitu konstruktor harus memiliki nama yang sama
dengan nama class dan tidak memiliki nilai balik sebuah tipe data apapun bahkan
void sekalipun.
Fungsi konstruktor
- Mengalokasikan ruang bagi objek
- Memberikan nilai awal terhadap anggota data suatu objek
- Membentuk tugas-tugas umum yang dilakukaan pada saat objek diciptakan
Destruktor
Pengertian destruktor yaitu metode yang digunakan untuk
membebaskan segala memori yang telah
dialokasikan dalam obyek pada saat penciptaan(kostruktor).
Kita bahas lebih lanjut mengenai destruktor supaya lebih
paham, misal konstruktor A akan ditukar
dengan konstruktor B, Nah ketika akan menukarnya kita butuh ruang kosong
sementera dan akan hilang setelah tidak digunakan, nah ruang kosong inilah kita
bisa menyebutnya destruktor.
untuk lebih jelasnya lihat gambar.
untuk lebih jelasnya lihat gambar.
Sekarang contoh programnya.
#include <string.h>#include <iostream.h>#include <conio.h>class TNilai{private:char *mataKuliah;char nilai;int sks;public:// konstruktor default, mengisi 3 data dengan// nilai default (tertentu)TNilai(){mataKuliah = new char[20]; // alokasi var. dinamisstrcpy(mataKuliah, "Praktikum PBO");nilai = 'B';sks = 2;}void Cetak(){cout << "mata kuliah = " << mataKuliah << endl<< "sks = " << sks << endl<< "nilai = " << nilai << endl;}};void main(){TNilai *nilai; // deklarasi pointer ke kelas TNilai// ciptakan objek sekaligus memanggil konstruktor defaultnilai = new TNilai;nilai->Cetak(); // memanggil fungsi anggotadelete nilai; // menghapus instan dari kelas TNilaigetch();}
Hasilnya setelah di run akan langsung tertampil dilayar cmd seperti berikut
Sekian, semoga bermanfaat bagi semua. Terimakasih telah berkunjung...
0 komentar :
Posting Komentar
Give good coment
thank you :-)